5 Terowongan Kereta Api Terpanjang di Dunia

Posted: Februari 1, 2012 in Uncategorized

Revolusi teknologi memang tiada habisnya. Dari gunung hingga laut, di tembus dan dilewati oleh manusia dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan membuat suatu jalur terowongan yang menghubungkan daerah satu, dengan daerah lainnya. Di bawah ini, beberapa terowongan sengaja dibuat dan diperuntukan bagi jalur kereta api cepat yang memiliki panjang menakjubkan. Simak ulasan terowongan-terowongan kereta api terpanjang berikut:

 

 

1. Terowongan Seikan Tonneru (Panjang 53,9 km)

Terowongan Seikan Tonneru atau Seikan Zuido adalah terowongan rel sepanjang 53,85 kilometer di Jepang, yang mana 23,3 km-nya terbenam di bawah dasar laut.  Seikan Tonneru melintas di bawah Selat Tsugaru menghubungkan Aomori Prefecture di pulau Honshu, Jepang dan pulau Hokkaido, sebagai bagian dari Kaikyo Line, Perusahaan Kereta Api Hokkaido. Seikan adalah terowongan terpanjang dan terdalam yang diperuntukan bagi operasional kereta api di dunia, sampai Terowongan Gotthard Base di Swiss dibuka dan menjadi yang terpanjang pada tahun 2016 nanti.

 

Terowongan Seikan Tonneru (Sumber: blogspot.com)

Terowongan Seikan Tonneru (sumber: wordpress.com)

 

2. Terowongan Channel (Panjang 50 km)

Terowongan Channel adalah sebuah terowongan rel sepanjang 50 km di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover) yang menghubungkan Cheriton, Kent, di Britania Raya, dan Coquelles dekat Calais di utara Perancis. Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994. Channel merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel – dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel.


Terowongan Channel (sumber: impactlab.net)

 

Terowongan Channel (Sumber: telegraph.co.uk)

 

Terowongan Channel (sumber: bbc.co.uk)

 

 

3. Terowongan Lotschberg Base (Panjang 34,57 km)

Terowongan Lotschberg Base adalah terowongan kereta api sepanjang 34,57 km yang memotong melalui Pegunungan Alpen Swiss sekitar 400 m di bawah Terowongan Lotschberg yang sudah ada. Terowongan ini menghubungkan antara Frutigen, Berne dan Raron, Valais. Terobosan ini dilakukan pada April 2005 dan konstruksi berakhir pada tahun 2006. Upacara pembukaan pada bulan Juni 2007, dan operasi skala penuh dimulai pada bulan Desember 2007. Dibangun untuk mengurangi lalu lintas truk di jalanan Swiss, Jerman hingga Itali. Hal ini juga menghemat waktu perjalanan bagi wisatawan Jerman akan tujuan resor ski di Swiss dan mengurangi waktu perjalanan sebesar 50%. Total biaya pembangunan sebesar SFr 4,3 miliar. Terowongan ini dan Terowongan Gotthard Base adalah bagian dari inisiatif AlpTransit Swiss.

 

Terowongan Lotschberg Base (Sumber; wn.com)

Terowongan Lotschberg Base (sumber: bls.ch)

Terowongan Lotschberg Base (Sumber: blogspot.com)

 

4. Terowongan Guadarrama (Panjang 28,4 km)

Terowongan Guadarrama adalah terowongan kereta api di Sierra de Guadarrama, rute kecepatan tinggi sepanjang Madrid-Valladolid di Spanyol. Terowongan ini memiliki dua tabung. Tabung barat panjangnya 28.407 m dan tabung timur panjangnya 28.418 m, dan merupakan terowongan terpanjang di Spanyol Terowongan dibuka untuk lalu lintas kereta pada bulan Desember 2007. Terowongan ini digunakan oleh kereta api berkecepatan tinggi AVE.

 

Terowongan Guadarrama (Sumber: structurae.de)

 

Terowongan Guadarrama (Sumber: fccco.es)

Terowongan Guadarrama (Sumber: bogoboo.com)

 

5. Terowongan Taihang (Panjang 27,9 km)

Terowongan Taihang saat ini adalah terowongan kereta api terpanjang yang menembus gunung di Cina.  Taihang adalah terowongan jalur ganda, dan dibangun untuk jalur Kereta Api Penumpang Shitai menyeberangi Pegunungan Taihang. Jalur kiri memiliki panjang 27.839 meter dan jalur kanan adalah 27.848 meter. Terowongan itu selesai pada 22 Desember 2007. Taihang dilewati Kereta Api Penumpang Shitai kecepatan tinggi yang menghubungkan Shijiazhuang, ibukota provinsi Hebei, dan Taiyuan, ibukota provinsi Shanxi. Setelah pembukaan Terowongan Taihang dan penyelesaian kereta api berkecepatan tinggi, waktu perjalanan dengan dari Shijiazhuang ke Taiyuan turun dari enam jam menjadi hanya satu jam. (**)

 

Terowongan Taihang (sumber: allcoolpics.com)

Terowongan Taihang (Sumber: chinatravel.com)

 

Terowongan Taihang (Sumber: imageshack.us)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s